Senin, 18 Maret 2013

Polisi Amerika Serikat Tidak Menggunakan Harley Lagi



Para polisi Amerika Serikat secara tradisional menggunakan motor besar Harley-Davidson yang memang merupakan motor asal Amerika Serikat. Namun sepertinya pamor Harley dimata polisi kian meredup. Honda kini menjadi pilihan banyak kantor polisi di negeri Paman Sam.

The Augusta Chronicle melaporkan kini telah banyak kantor polisi yang sudah beralih ke motor Honda dari kebiasaan menggunakan Harley.

Kantor Sheriff di Richmond Country, Georgia bahkan terakhir kali membeli motor Harley pada tahun 2008 karena mulai tahun 2009 mereka menggunakan Honda ST1300 sebagai kendaraan dinas.

Secara harga, motor Honda ini memang terbilang lebih mahal sekitar US$ 2.300 dibandingkan dengan motor Harley. Tetapi urusan safety, kinerja dan handling menjadi alasan perpindahan hati itu.

Terlebih, motor Honda sudah menggunakan pendingin air atau liquid-cooled, sedangkan Harley masing-masing berpendingin udara.

Sistem pendingin ini dianggap telah menjadi masalah besar terlebih bila sedang musim panas atau ketika petugas harus berkendara pada kecepatan rendah.

Selain itu, Kopral Michael Lewis mengakui kalau Honda memiliki akselerasi yang lebih cepat dibandingkan dengan motor Harley yang membutuhkan waktu untuk mencapi kecepatan tinggi ketika petugas harus mengejar para penjahat.

Terlebih, posisi setang, handling, hingga daya pengereman menjadikan Honda sebagai pilihan pengganti Harley yang sudah lahir sejak tahun 1908 ini. Tentu ini bukanlah berita yang menyenangkan di saat harley sedang bersiap merayakan ultah ke-110 tahun ini.

Hal serupa sebenarnya juga pernah terjadi pada kepolisian Amerika lebih memilih motor gede Harley dibandingkan dengan motor gede BMW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar