Senin, 01 Oktober 2012

Peter Kohar on Alexa Marketing (1)


Artikel dibawah diambil dari Produk Preman Internet milik Peter Kohar yang dibuat di tahun 2008 , semoga bisa bermanfaat untuk refrensi Anda di tahun 2012. Artikel bagian kedua ada di blog http://belajarsukses-julioandrian.blogspot.com/

Mungkin Internet Marketer kelas dunia jagoan dalam mendatangkan traffic ke website mereka yang notabene adalah website bahasa inggris semua. Tapi bisakah mereka mendatangkan ke website bahasa Indonesia, sebanyak mereka mengirimkan traffic ke website berbahasa inggris mereka. Ini adalah penemuan terbaru Saya dalam mendatangkan traffic local ke website local Saya.

Tentunya dengan pengunjung yang dapat berbahasa Indonesia juga, semoga bab ini bisa menjadi jawaban bagi Anda semua yang ingin mencari traffic local ke blog Anda, atau ke website jualan Anda, atau ke took online Anda, ataupun ke website services Anda.

Caranya adalah masuklah ke www.alexa.com , Setelah itu pilihlah Traffic Rangkings, saat Saya menulis eBook ini, sudah tersedia di sebelah kanan atas, dan pilihlah tab Country top 100 , setelah itu Anda akan mendapati tulisan top sites by Country , pilihlah Indonesia ☺ . Tadaaa…. Sekarang Anda sudah bisa mendapati top 100 situs yang paling banyak dikunjungi. Lalu Anda akan bertanya kepada Saya, apa hubungannya dengan judul bab ini ??

Hubungannya adalah bagaimana Anda mengkaitkan website Anda dengan top 100 situs teramai yang dikunjungi di Indonesia ini. Mungkin terlalu gila angka 100 situs yang harus Anda optimasi, tapi bagaimana jika Anda mengoptimasi dengan 10-15 situs teratas ? Memang Ada beberapa website yang tidak bisa Anda masuki untuk mengiklankan website Anda, juga ada beberapa website perjudian dan prostitusi yang notabene Anda tidak ingin website Anda dikaitkan dengan image judi dan prostitusi

Berikut akan Saya berikan list website bagi Anda-anda yang tidak menemukan apa yang Saya maksudkan dari tadi, atau bagi Anda yang tidak memiliki koneksi Internet :

Top 20 website dari Alexa :

Yahoo.com (1)
Untuk Yahoo.com cara mendatangkan traffic tercepat adalah dengan mengoptimasikan website Anda di search engine ini (SEO) dan Anda bisa juga mendatangkan traffic via Yahoo Search Marketing, ini sama seperti PPC Adwords di google

Google.co.id (2)
      Google versi yang di tujukan untuk market Indonesia, sudah tentu dipenuhi oleh
      orang-orang Indonesia, dan tentunya Anda pasti menginginkan orang-orang
tersebut berkunjung ke website Anda, gampang caranya pun sama dengan yahoo.com Anda bisa mengoptimasikan website Anda dengan cara SEO, dan indahnya Anda mengoptimasikan website Anda di google.co.id jauh lebih mudah di bandingkan dengan google.com, karena Anda menargetkan keyword-keyword bahasa Indonesia yang persaingannya sedikit, bahkan 0 saingan.

Atau Anda bisa mencoba dengan jalan PPC Adwords, tentunya ini adalah hasil yang instan, dalam 5 menit website Anda sudah muncuk di halaman pertama google, tapi hati-hati dalam mengatur budget, karena begitu Anda salah, bisa memakan biaya yang cukup besar

Friendster (3)
Jika Anda sering bermain Friendster, tahukah Friendster sudah ada fungsi kedua ? yakni tempat toko baju online, begitu banyak toko baju baik yang kelas kecil maupun kelas besar menawarkan barang di Friendster (paling banyak baju wanita ☺ ,atau baju couple untuk pasangan) dan juga menawarkan seminar, website, atau bahkan wanita panggilan pun sekarang menggunakan Friendster….. Sungguh ironis jika kita sebagai marketer tidak menggunakan Friendster ini sebagai salah satu pendatang traffic kita.

Cara termudah adalah buat account baru, yang memang ditujukan untuk memarketingkan barang Anda, lalu add teman, sesuai dengan interest yang Anda inginkan, seperti Anda ingin di hobbynya shopping, atau buku yang dibaca “rich dad poor dad” atau apapun juga (hal ini bisa di atur dalam bagian dari Friendster untuk search friend), sedemikian sehingga Anda tidak terlalu jauh dari jalur kesukaan target teman Anda. Lalu setelah banyak postingkan komentar di comment field teman-teman baru Anda tersebut, dengan html form ataupun tulisan .

Cara yang terbaik adalah jangan terlalu sering melakukan posting komentar, karena akan di anggap spam oleh teman-teman baru Anda yang belum Anda kenal tersebut.

Google.com (4)
Hampir sama dengan google.co.id , tapi bedanya ini lebih mengarah ke bahasa inggris

Blogger.com (5)
Apa yang harus dilakukan berkaitan dengan website ini, Ini menandakan begitu banyaknya blogger2 di Indonesia yang menggunakan jasa blogger untuk kepentingan blogging mereka, Anda bisa melakukan blogwalking dengan meninggalkan komentar yang bermanfaat bagi blog mereka, sekali lagi komentar yang bermanfaat, Karena Saya pun sebagai penulis blog capek dengan komentar yang isinya spam, ataupun spam abu-abu. Bangun hubungan dengan pemilik blog, untuk bisa dikenal atau tukeran link dengan blog atau website Anda.


YouTube.com (6)
Youtube adalah website untuk menonton video secara gratis, Anda dapat memarketingkan produk Anda di salah satu website dengan traffic terbesar di dunia ini. Anda bisa dengan cara membuat video, bisa video amartir, ataupun video professional, bahkan dengan camtasia yang merekam gambar di desktop Saya pun pernah saya lakukan (dan sering ).

Pada dasarnya orang menonton video adalah untuk entertainment ,tapi ada juga yang mencari informasi, misalkan video bagaimana cara bermain gitar lagu my way, atau apapun juga. Anda tergantung dengan barang Anda, bisa menargetkan kemanapun juga baik di pencari informasi ataupun si pencari hiburan.

Tapi ingat, jangan video Anda dari awal sampai akhir isinya jualan semua ☺ . Tapi berikan informasi sedikit terlebih dahulu, buat mereka ketagihan dengan kepandaian Anda, baru Anda berikan link di akhir video Anda untuk mereka bisa datang ke website Anda, biasanya traffic dari video lebih berkualitas , karena Anda sudah melakukan pre-selling terlebih dahulu di video Anda

Kaskus.us (7)
Kaskus adalah forum terbesar di Indonesia sampai saat ini, Anda bisa memasarkan barang Anda di forum jual-beli, atau jika ingin lebih lagi, bisa di business board, dengan memberikan barang gratis, ataupun barang diskon dari harga sebenarnya. Yang terpenting tujuannya adalah Anda memberikan sedikit atau banyak informasi diakhiri dengan link ke website Anda.

Anda bahkan bisa memostingkan di thread “lounge” yang paling ramai dikunjungi, tapi benar-benar Anda tidak boleh jualan disini, tapi pure memberikan informasi kepada pembaca forum ini, dan Saya melakukannya dengan Indah dan damainya, dalam 1 postingan durasi 3-4 jam setelah postingan Saya, sekitar 80-100 orang menjadi subscribers (orang yang memberikan eMail mereka secara Cuma-Cuma karena ingin mendapatkan informasi tambahan atau bonus dari pemilik website) Saya.

Saran Saya, jangan baru posting 1x langsung jualan barang Anda, tapi bergaul lah dengan orang-orang yang sudah lama menjadi sesepuh di forum tersebut (sehingga ada backingan ☺ )

WordPress.com (8)
Sama seperti blogger.com ,  ini adalah website untuk membuat blog secara gratis, teknik promosi website Andapun kurang lebih akan sama dengan blogger.com. Ingat jangan memberikan komentar yang gak penting di website / blog orang.

RapidShare.com (9)
Rapidshare adalah website untuk mengupload dan mendownload file-file di internet, sampai saat ini Saya tidak tahu cara memarketingkan produk di website ini, dikarenakan fungsi website ini yang cukup simple hanya bisa upload dan download, tanpa memberikan kita space untuk berinteraksi, ataupun beriklan.

Facebook.com (10)
Sama seperti halnya Friendster, facebook pun adalah situs pertemanan social di internet, yang bisa Anda lakukan tentunya lebih banyak dengan facebook, Anda bisa membuat applikasi software yang unik, di taruhkan link website Anda di dalam applikasi yang bisa di download oleh pengguna facebook lainnya.

Selebihnya Anda bisa menulis di wall teman-teman Anda yang memiliki interest sama dengan Anda, ingat jangan pernah menerror teman Anda ☺


Semoga 10 tips alexa marketing berdasarkan top 100 rank alexa di Indonesia bisa bermanfaat bagi Anda. Ikuti terus twitter Peter Kohar di tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar